CERDAS BIJAKSANA

Cerdas dan Bijaksana, Apa PerbedaanNya?

Compulsivemagz – Banyak orang mengatakan bahwa “pintar belum tentu bijak, tetapi orang bijak harus pintar”. Padahal bijak dan cerdas adalah dua hal yang berbeda. Ada juga orang yang beranggapan bahwa orang yang pandai berbicara dan sering tampil di depan umum dikenal sebagai orang yang cerdas, sedangkan orang yang lebih suka menyendiri dan mendengarkan keluhan orang lain dikenal sebagai orang yang bijak.

Banyak orang juga mengatakan bahwa pintar lebih baik daripada bijak. Ada juga yang menganggap bahwa kebijaksanaan lebih penting daripada menjadi pintar. Perdebatan terus berulang. Bijak dan cerdas memiliki kelebihannya masing-masing tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Tapi apa perbedaan antara bijak dan cerdas? Ingin tahu perbedaan antara bijak dan cerdas? Dirangkum dari berbagai sumber, ciri khas orang pintar adalah cepat tanggap dalam segala hal. Tidak seperti orang bijak, mereka akan memikirkannya terlebih dahulu sebelum memutuskan tindakan mereka. Jika mereka berada dalam situasi yang mendesak, orang pintar akan segera mengambil tindakan.

Sedangkan orang bijak akan menunggu dan memikirkan langkah yang tepat. Jadi, orang bijak akan membutuhkan waktu untuk mengambil keputusan karena harus melalui proses berpikir yang cukup matang.

Orang Pintar VS Orang Bijak

Ketika informasi datang, orang pintar biasanya akan mencerna dan langsung merespon informasi tersebut dengan cepat. Pada saat itu, dia akan melakukan segala daya untuk memberikan pendapat yang muncul di benaknya saat itu.

Berbeda dengan orang bijak, ia akan sangat berhati-hati dalam menanggapi setiap informasi yang datang. Bahkan jika mereka memiliki pendapat pribadi, orang bijak tidak akan terburu-buru untuk menanggapi sampai informasi tersebut dipikirkan dengan matang.

Orang Cerdas Sadar Akan Kemampuannya

Orang cerdas cenderung sadar akan kemampuannya, karena kemampuan tersebut dapat meningkatkan rasa percaya dirinya dan terkesan sombong dan angkuh. Padahal orang yang bijak akan mengetahui kekurangannya dan menyadari kekurangannya. Hal ini membuat orang bijak terlihat rendah hati dan terus belajar meskipun sadar akan kemampuannya.

Orang pintar akan cenderung sombong dan meremehkan orang lain sebab merasa kemampuannya lebih baik dari orang lain. Selain itu, rasa percaya diri yang dimiliki oleh orang pintar juga sangat tinggi sehingga selalu merasa paling benar dan merasa diri paling baik.Sebaliknya, orang bijak akan cenderung lebih rendah hati karena merasa masih banyak kekurangan dan masih perlu banyak belajar untuk menjadi lebih baik.

Orang Bijaksana Bersedia Terima Perbedaan Pendapat

Orang cerdas biasanya memiliki kemampuan berbicara yang baik dan memiliki keinginan untuk mengungkapkan pendapatnya, sehingga jika ada perbedaan pendapat mereka akan berusaha lebih keras agar pendapatnya diterima dengan mempengaruhi dan meyakinkan orang-orang di sekitarnya.

Sedangkan orang bijak biasanya lebih bisa mendengarkan pendapat orang lain, dan cenderung berpikiran terbuka. Mereka juga mempunyai keikhlasan untuk menerima pendapat dan perbedaan yang ada serta tidak membesar-besarkan masalah.

Orang bijaksana juga tidak akan merasa dirinya pintar di depan orang lain. Sedangkan orang pintar biasanya merasa dirinya bijak.

Baca Juga : 3 Aplikasi Antivirus Terbaik Agar Ponsel Anda Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published.