Inilah 7 Hewan Yang Pernah Ke Luar Angkasa

compulsivemagz.com – Apakah Anda pernah berfikir bahwa hanya manusia saja yang bisa pergi ke luar angkasa? tetapi bagaimana jika hewan dikirim ke luar angkasa untuk penelitian?

Bahkan sekarang, para peneliti masih saja mengirim beberapa hewan ke luar angkasa. Tujuannya untuk dijadikan penelitian saat menaiki roket, serta saat berada di luar angkasa untuk melihat kemampuan dan ketangguhan hewan tersebut, saat hidup di luar angkasa.

Nah, berikut ini adalah 7 hewan yang telah dikirim ke luar angkasa untuk tujuan penelitian yang di lakukan hingga saat ini.

1. Simpanse

Simpanse yang bernama ‘HAM’ lahir di kamerun pada tahun 1957. Nama Ham adalah singakatan dari ” Holloman Aero Madical”, ham menjadi simpanse yang pertama mendarat di laur angkasa pada tanggal 31 Januari 1961.

Ham diterbangkan ke ketinggian hampir 260 km di atas Bumi, penerbangan menggunakan Merkurius No. 5.  Dan ham pun berhasil mendarat di Samudra Atlantik 16 Menit setelah waktu peluncuran.

2. Kucing

Pada Oktober 1963, seekor kucing bernama félicette adalah kucing pertama yang dikirim ke luar angkasa dan berhasil kembali ke bumi dengan selamat.

Félicette adalah kucing yang berasal dari Prancis yang dipilih dari 14 kucing lain yang disiapkan untuk misi luar angkasa antar-Soviet.

Hingga akhirnya seekor kucing bernama Félicette ini berhasil lolos seleksi.

3. Tikus

Delapan dari 40 tikus yang dipilih, beberapa di antaranya diterbangkan, telah mengalami beberapa modifikasi genetik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gen myostatin mampu menahan pertumbuhan otot mencit yang telah lama menghuni luar angkasa.

Hasil penelitian bertujuan untuk mengembangkan terapi yang dapat membantu astronot mengurangi hilangnya massa otot dan tulang yang dialami selama penerbangan luar angkasa jangka panjang.

4. Anjing

Seekor anjing bernama Laika pertama kali diterbangkan pada tahun 1957 di Kazakhstan.

Laika terbang dengan pesawat Sputnik 2.

Sayangnya, laika hanya mampu bertahan dalam beberapa jam setelah mengitari bumi sebanyak 9 kali, karena kapsul pesawat yang semakin panas sehingga 40 derajat celcius.

Jadi laika meninggal karena dehidrasi. Sputnik 2 dirancang untuk tidak kembali ke Bumi dan saat ini masih berada di luar angkasa.

5. Penyu

Pada tahun 1968 Uni Soviet berhasil mengirim 2 kura-kura ke luar angkasa menggunakan pesawat Zona 5.

meskipun berat badannya turun namun ia mampu bertahan selama 6 hari sebelum kembali ke bumi.

6. Laba-Laba

Laba-laba berhasil dikirim ke luar angkasa untuk pertama kalinya pada tahun 1972 menggunakan pesawat terbang dengan nama Skylab 3.

Uniknya ketika tiba di luar angkasa, laba-laba kesulitan membuat jaring seperti di bumi, karena kesulitan menghadapi gravitasi nol.

Sayangnya, laba-laba itu harus mati saat kembali ke Bumi karena dehidrasi.

7. Lalat Buah

Lalat buah pertama kali dikirim ke luar angkasa pada 20 Februari 1947 dengan Roket V-2. Tujuannya adalah untuk menguji efek radiasi pada makhluk di luar angkasa.

Roket tersebut terbang hingga ketinggian 109 kilometer di atas permukaan bumi, dan berhasil mendarat dengan selamat ke bumi menggunakan parasut.

Itu Dia 7 Hewan yang pernah ke luar angkasa untuk penilitian. Apakah anda tertarik dengan luar angkasa Juga?

Lihat juga artikel-artikel menarik lainnya yang sudah kami siapkan untuk anda. trima Kasih.

Baca Juga : Cegah Jerawat Hingga Wajah Kusam, Ini 4 Manfaat Exfoliating Secara Rutin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *