mendaki gunung

Cobalah Beberapa Gerakan Untuk Mulai Mendaki Gunung

Aktivitas mendaki gunung sepertinya sudah menjadi hobi baru bagi masyarakat umum. Kegiatan mendaki gunung sepertinya semakin diminati oleh berbagai kalangan, baik wanita maupun pria, dewasa bahkan anak-anak. Keindahan yang ada di puncak dan tantangan yang ada mampu membuai setiap orang untuk terus menuruni lereng gunung menikmati indahnya karya Sang Pencipta Yang Maha Kuasa.

Beberapa aspek yang harus Anda perhatikan sebelum memulai pendakian, hal yang sering diremehkan adalah persiapan fisik. Persiapan fisik sangat penting agar tubuh bisa bergerak bebas dan otot tidak kaget.

Gerakan Sehat Untuk Mulai Mendaki Gunung

1. Satu kaki jongkok (target: paha depan dan paha belakang, dan bokong)

Tempatkan lengan kiri Anda ke dinding, bertumpu pada kaki kiri Anda untuk keseimbangan. Tekuk kaki kanan ke belakang dan pertahankan posisi tegak sambil menurunkan tubuh perlahan ke lantai dengan lutut kiri ditekuk.

Jangan lupa untuk memantau kaki kiri Anda, jangan biarkan lutut Anda melangkah lebih jauh dari jari kaki Anda. Tahan, lalu perlahan berdiri kembali. Melakukan pergerakan dengan berulang.

2. Latihan naik turun tangga

Jika Anda adalah tipe orang yang enggan berolahraga di luar ruangan atau di rumah, Anda tetap bisa melakukan olahraga di rumah dengan cara naik turun tangga. Selain naik turun tangga dapat membantu melatih otot kaki dan memperkuat otot punggung, latihan ini juga dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan memperkuat pijakan.

3. Mengangkat Bahu ( Punggung Atas dan Bahu )

Anda bisa berlatih menggunakan barbel, pegang barbel dengan tangan kanan dan kiri, lalu gerakkan hingga ke telinga, turunkan perlahan tanpa menggerakkan tangan. Ikuti ritme dan lakukan secara berulang. Latihan ini berguna untuk memperkuat otot bahu dan punggung atas

4. Lari di jalan menanjak

Jika Anda sudah menjadwalkan tanggal keberangkatan Anda, ada baiknya satu atau dua bulan sebelum mendaki Anda harus mulai jogging atau berlari di jalur yang menanjak. Lakukan setiap hari, tingkatkan intensitasnya dari waktu ke waktu. Misal, hari ini kamu sudah berlari selama 7 menit, keesokan harinya kamu bertambah menjadi 10 menit.

5. Peregangan Gambar-4 (target: paha belakang, bokong, dan punggung)

Duduk di lantai, regangkan kaki kanan ke depan. Tekuk lutut kiri, lalu sandarkan kaki kiri di paha kanan. Kemudian condongkan tubuh ke depan hingga tangan menyentuh pergelangan kaki kanan. Cobalah untuk menjaga punggung tetap lurus untuk meregangkan kaki dan punggung. Tahan dalam 30 detik kemudian mengganti posisi. Anda dapat melakukan 1-3 peregangan di setiap sesi.

Baca Juga : 5 Cara Aman dan Efektif Mengatasi Sakit Maag

Leave a Reply

Your email address will not be published.