cara servis accu basah

5 Cara Servis Accu Basah Tidak Dapat Menyimpan Setrum

Cara Servis Accu Basah -Bagi yang menggunakan aki basah di dalam mobil, kemungkinan Anda pernah menghadapi masalah yang sering muncul yaitu ketidakmampuan menyimpan setrum. Padahal, jika hal ini terjadi, aki tidak akan mampu menyalurkan listrik yang dibutuhkan mobil. Namun, AutoFamily tidak perlu bingung dan panik dalam menghadapi masalah seperti ini. Berikut pembahasan cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum.

Inilah Cara Servis Accu Basah Tidak Dapat Menyimpan Setrum

  1. Mempersiapkan alat

Cara servis accu basah yang tidak bisa menyimpan stun, Kami perlu menyiapkan alat yang diperlukan terlebih dahulu.Di bawah ini adalah alat yang dibutuhkan :

  • Sarung Tangan Karet
  • Pipet (bisa juga menggunakan injektor tinta)
  • Pisau tajam Pengisi baterai (pengisi baterai)
  • USP magnesium sulfat
  • air Accu
  1. Keluarkan Accu Basah

Jika semua perlengkapan sudah tersedia, kini saatnya mengaplikasikan cara mengatasi aki basah yang tidak tahan setrum. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka kap mesin, kemudian melepas baterai yang bermasalah. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan karet untuk perlindungan diri.

Ketika ingin melepaskan accu anda tidak boleh sembarangan dalam melepas. Saat mengangkat baterai, pastikan baterai tetap stabil. Jangan goyangkan baterai dan segera letakkan baterai di tempat yang datar dan kering. Kemudian, buka penutup baterai. Jika baterai masih tersegel, lepaskan segel dari tepinya menggunakan pisau tajam. Setelah terbuka, Anda dapat melihat sel baterai basah. Buka penutup sel kemudian tiriskan air di baterai.

  1. Keluarkan Dan Buang Air Aki

Untuk membuang air aki, Kami tidak bisa begitu saja membuang air aki. Gunakan pipet atau injektor yang telah disiapkan. Colokkan penetes ke dalam sel baterai basah hingga tersisa 30-40% air di dalam baterai. Pindahkan air baterai di dalam pipet ke dalam wadah kaca agar tidak merusak lingkungan sekitar Anda. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak perlu melepas baterai lama sepenuhnya. Sisa air baterai akan digunakan untuk mengisi ulang baterai

  1. Siapkan Magnesium Sulfat

Langkah selanjutnya cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum adalah dengan menyiapkan larutan magnesium sulfat USP. Larutkan magnesium sulfat dalam air mendidih. Jika sudah benar-benar larut, campurkan dengan air aki yang baru. Aduk hingga larutan dan air baterai tercampur sempurna. Kemudian, pindahkan campuran tersebut ke sel baterai basah menggunakan pipet.

  1. Mengisi Baterai

Dan Terakhir anda harus mengisi baterai. Setelah sel baterai basah diisi dengan campuran magnesium sulfat, isi ulang menggunakan pengisi daya baterai. Pastikan sel baterai dalam keadaan terbuka agar udara di dalam baterai dapat keluar. Pengisian ini bisa memakan waktu lama jika kondisi baterai rusak parah. Selain menggunakan charger aki, kita juga bisa menggunakan alternator untuk mengisi aki basah. Jika menggunakan alternator, tutup baterai dan pasang kembali ke mesin. Pastikan baterai terpasang penuh dan kemudian hidupkan mesin mobil.Altenator dengan otomatis mengisi baterai.

Baca Juga : Cara Kerja Lampu Lalu Lintas, Mungkin Anda Ketahui!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.