Tips dari Ahlinya, Cara Mengetahui Parfum Kedaluwarsa

Compulsivemagz – Bisakah parfum kedaluwarsa benar-benar kedaluwarsa? Menurut penjelasan para ahli, begitu botol parfum dibuka, maka parfum tersebut akan kadaluarsa.

Kabar baiknya, rata-rata parfum yang sudah dipakai dapat bertahan sekitar dua tahun. Penyemprotan parfum memungkinkan udara masuk ke dalam botol, yang mengoksidasi aroma dari waktu ke waktu.

Tapi berapa lama parfum bertahan juga tergantung pada bagaimana Anda menyimpannya. Kalau parfum dijauhkan dari sinar matahari dan suhu tinggi, maka akan bertahan lebih lama, seperti dilansir instyle.com.

Ketika parfum tetap hangat, cairan akan berubah lebih cepat dan hanya akan memiliki umur simpan tiga sampai enam bulan. Bagaimana dengan parfum yang belum dibuka?

Lihat di sini cara mengetahui kapan parfum kedaluwarsa

Simak di sini cara mengetahui kapan parfum kedaluwarsa, menurut tips dari para ahli.

Sebotol parfum yang belum dibuka bisa bertahan sampai beberapa tahun tergantung cara penyimpanannya. Tidak ada aturan utama, setiap parfum memiliki usia yang berbeda-beda. Anda dapat mengetahui apakah suatu parfum telah kedaluwarsa ketika baunya sedikit asam, terutama saat aroma atas teroksidasi. Oksigen di udara dapat mengubah beberapa molekul yang ada dalam parfum dari waktu ke waktu.

Umumnya, nada atas seperti jeruk, buah, aromatik, hijau, dan nilam adalah yang paling sensitif terhadap oksidasi. Indikasi lain bahwa parfum sudah kedaluwarsa adalah perubahan warna cairan.
Cara terbaik untuk periksa apakah parfum telah kedaluwarsa ialah dengan menyemprotkannya pada selembar kertas. Anda juga dapat memeriksa apakah warna cairan itu sendiri telah berubah, jika terlihat lebih gelap atau menguning, biasanya parfum telah teroksidasi.

Untuk memperpanjang umur parfum kedaluwarsa, jauhkan dari sumber panas apa pun, karena oksigen, cahaya, dan panas adalah musuh terbesar parfum. Simpan parfum di tempat gelap yang sejuk, jauh dari panas dan sinar matahari, karena sinar UV dapat merusak parfum dan formulanya.

Secara umum, parfum oriental dengan aroma pedas, kayu, dan vanila memiliki kecenderungan untuk memperpanjang umur simpan lebih lama, dibandingkan dengan parfum lain dalam kategori wewangian yang berbeda. Sifat bahan alami dalam formula ini lebih kuat serta stabil secara struktural.

Baca Juga : 6 Ciri Sahabat Berkepribadian Plegmatis, Nomer 5 Bikin Ngeselin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *