Beberapa Masalah Yang Sering Terjadi Pada Jenggot Pria dan Cara Mengatasinya

compulsivemagz.com – Jenggot yang dimiliki banyak pria tak lepas dari masalah kulit, seperti bagian tubuh lainnya. Memiliki janggut menjadi gaya yang semakin digemari oleh para pria karena memberikan kesan jantan dan maskulin.

Banyak yang merasa bahwa jenggot dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dan meningkatkan penampilan mereka.

Namun rambut yang tumbuh di dagu perlu perawatan ekstra jika tidak ingin mengalami masalah.

Misalnya, jenggot yang tumbuh ke dalam, ketombe, rambut yang tumbuh ke dalam, dan pertumbuhan yang jarang dan tidak merata. Berbagai masalah kulit dan cara mengatasinya.

Jenggot yang bermasalah, entah itu ketombe, jerawat atau keluhan lainnya, tentu sangat tidak nyaman.

Bukannya membuat kita terlihat lebih baik, justru menjadi sumber masalah kulit yang semakin parah jika tidak dirawat dengan baik.

Berikut adalah beberapa masalah kulit paling umum di area janggut dan cara terbaik untuk mengatasinya.

Jerawat

Jerawat menyebabkan rasa sakit, nyeri tekan, peradangan dan ketidaknyamanan. Apalagi jika tidak sengaja tersentuh saat di tengah aktivitas sehari-hari.

Misalnya, hindari menyentuh janggut karena dapat menyebarkan kuman. Cuci muka dua kali sehari dengan pembersih lembut yang mengandung asam salisilat dan asam glikolat.

Bilas wajah dan janggut Anda dengan air hangat dan gunakan handuk bersih untuk mengeringkannya. Saat muncul jerawat di daerah janggut, anda harus gunakan obat topikal yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan retinoid.

Anda juga dapat menyisir jenggot Anda dengan menggunakan sedikit kondisioner khusus non-komedogenik.

Ketombe

Ketombe bisa muncul tidak hanya di rambut tapi juga di janggut pria. Tentu hal ini dapat mengganggu penampilan, apalagi jika bekas ketombe sangat terlihat.

Gunakan sampo anti ketombe pada jenggot Anda setidaknya seminggu sekali. Sisir dengan lembut setiap hari sebelum ingin mencuci muka.

Rawat ketombe dan ruam janggut dengan produk yang mengandung larutan hidrokortison 1%.

Oleskan produk pada kulit di bawah janggut setiap malam sebelum tidur. Jenggot yang tumbuh ke dalam dapat dicegah dengan mengkonsumsi cukup setelah mandi dan sesuai dengan arah tumbuhnya.

Sebelum Anda merasa cukup, oleskan krim cukur bebas pewangi dan biarkan di janggut Anda selama 2-3 menit. Setelah bercukur, bilas secara menyeluruh dengan air hangat.

Tepuk-tepuk lembut kulit di area jenggot dengan handuk bersih dan biarkan agak lembab. Jangan juga mengoleskan pelembap di area sesuai dengan jenis kulit kita.

Jenggot tumbuh tidak merata dan jarang Jika Anda memiliki masalah dengan jenggot yang tumbuh tidak merata dan jarang, pilihlah gaya yang dapat menutupinya.

Anda juga dapat membiarkan janggut tumbuh dan mengisi area yang jarang, lalu menggunakan lilin untuk menatanya.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk terapi minoxidil untuk memperbaiki penampilan.

Baca Juga : Penyanyi Ini Menjadi Model Dalam Iklan Judi Online ?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *