7 Manfaat Kunyit, Rempah-rempah Yang Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Tubuh

7 Manfaat Kunyit, Rempah-rempah Yang Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Tubuh.

compulsivemagz.com – Banyak masyarakat yang lebih mengenal kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, bumbu ini tidak hanya bermanfaat untuk makanan yang lezat, tetapi juga baik untuk kesehatan.

Kunyit memiliki beragam manfaat, mulai dari meredakan gangguan pencernaan hingga mencegah kanker dan penyakit jantung, hal ini karena kunyit mengandung kurkumin di dalam rimpangnya.

Tidak heran jika kunyit telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak lama. Ingin tahu apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan? Yuk simak artikel berikut.

1. Meredakan Peradangan

Zat aktif kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan yang memiliki efek anti inflamasi yang ampuh.

Ada sekitar 200 miligram (mg) kurkumin didalam satu sendok teh kunyit segar yang sudah diparut halus atau dengan versi bubuknya.

Curcumin membantu menghentikan kerja enzim dan sitokin yang dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh.

Berbagai hasil uji praklinis dari The AAPS Journal melaporkan bahwa khasiat yag ada didalam kunyit yang menjanjikan untuk berbagai penyakit terkait peradangan.

Mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi, aterosklerosis, dan juga diabetes.

Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat memverifikasikan bukti sifat anti-inflamasi pada manusia.

2. Meredakan Nyeri Menstruasi

Penelitian menyebutkan suplemen yang mengandung kurkumin dapat meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS) atau nyeri haid.

Wanita Indonesia sendiri sudah mengenal jamu asam jawa sebagai warisan untuk bisa mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Namun fungsi kunyit  untuk meredakan nyeri haid ternyata bukan hanya mitos belaka, kurkumin memiliki sifat penghilang rasa sakit (analgesik) alami yang bekerja dengan merelaksasi kontraksi rahim yang menyebabkan kram perut.

Selain itu, kurkumin mengurangi masuknya ion kalsium dalam sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin atau hormon yang menciptakan rasa sakit dan juga peradangan.

Khasiat kunyit juga dilengkapi dengan efek antioksidan tanin, saponin, seskuiterpen, alkaloid, dan phlobotamine dari asam jawa yang menenangkan kontraksi rahim.

Namun, beberapa ahli menyarankan wanita dengan perdarahan menstruasi yang berat untuk tidak mengkonsumsi kunyit.

3. Mengatasi Masalah Kulit

Kunyit sendiri mengandung sifat antimikroba, anti inflamasi dan juga antioksidan yang dapat membantu mengobati beberapa penyakit kulit seperti eksim, jerawat, penuaan dini dan psoriasis.

Studi menunjukkan kunyit juga dapat meredakan gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis.

Anda dapat mengonsumsi kunyit tiga kali sehari selama delapan minggu dengan menggabungkan produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam untuk meredakan gatal.

4. Mengontrol Gula Darah

Kunyit merupakan obat alami bagi penderita diabetes untuk mengontrol gula darah. Sebuah studi review tahun 2013 menunjukkan bahwa kurkumin dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Penelitian lain menunjukkan suplemen ekstrak kunyit membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudah dikelola.

Ini kemudian membantu menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes yang disebabkan oleh peradangan. Namun, uji klinis lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaatnya untuk diabetes.

5. Menurunkan Berat Badan

Konsumsi air kunyit secara teratur dapat menjaga bentuk tubuh dan menurunkan berat badan.

Kandungan kurkumin dapat menekan respon inflamasi pada sel-sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot.

Reaksi ini membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolisme lainnya yang disebabkan oleh kelebihan berat badan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus mengombinasikan ekstrak kunyit dengan asam jawa.

Hal ini karena kunyit lambat diserap ke dalam darah namun lebih cepat dipecah oleh hati sehingga tubuh tidak merasakan banyak manfaatnya.

Dalam jangka panjang, meminum jamu kunyit asam dapat membuat hasil penurunan berat badan lebih maksimal.

6. Mengurangi Mual

Tidak hanya menurunkan berat badan, mabfaat kunyit lainnya yang bisa di peroleh ialah meredakan mual jika Anda  campur dengan bubuk lada hitam, sebuah studi tahun 2017 di jurnal Food membuktikan bahwa menambahkan lada hitam membantu mengoptimalkan manfaat rempah-rempah kuning ini.

Hal ini karena kandungan kurkumin dalam kunyit perlahan diserap ke dalam aliran darah. Inilah yang membuat Anda kehilangan khasiatnya.

Penelitian menunjukkan bahwa piperin dalam lada hitam dapat meningkatkan penyerapan kurkumin hingga 2000% lebih cepat ke dalam darah sehingga siap digunakan oleh tubuh.

Piperine juga dapat memperlambat pemecahan kurkumin oleh hati sehingga dapat bertahan lebih lama di dalam darah.

7. Mengobati Gastritis

Memulihkan maag tidak selalu harus minum obat. Anda bisa mengonsumsi larutan kunyit untuk mengurangi frekuensi kambuhnya gejala maag.

Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi untuk mengontrol produksi asam lambung dan juga empedu yang berlebih. Efek kunyit akan terasa jika Anda meminumnya secara rutin.

Demikianlah berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh kita. Ada baiknya untuk selalu menyiapkan kunyit di rumah sebagai tindakan pencegahan berbagai penyakit.

Baca Juga : Kisah Denny Sumargo Menghabiskan Uang Untuk Bermain Judi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *