anak kos

6 Manfaat Menjadi Anak Kos, Tidak Kesepian Juga Kok!

Anak Kos – Apakah Anda baru di rumah kos dan khawatir merasa kesepian? Jauh dari keluarga, terutama orang tua, merupakan hal yang cukup berat. Mereka yang biasanya bangun tidur disuguhi sarapan yang enak, namun saat berada di kos harus mencari atau membeli makanan sendiri.

Perubahan kebiasaan yang signifikan ini akan memberikan manfaat pribadi yang bermanfaat bagi Anda di masa depan. Tidak perlu khawatir lagi, karena menjadi kost tidak begitu menakutkan. Berikut enam manfaat menjadi anak kost yang bisa Anda rasakan.

Manfaat Jadi Anak Kos

1. Pandai Mengelola Keuangan

Manfaat yang paling menonjol adalah mengelola keuangan. Hidup hemat adalah misi rumah kos yang harus dijalani. Dengan pandai mengelola keuangan, anak kos bisa ‘bertahan’ hingga akhir bulan. Kamu akan dilatih untuk mengelola uang yang didapat dari orang tua menjadi beberapa bagian, seperti untuk makan, membeli kebutuhan kost bulanan, hingga uang untuk jajan.

Kebiasaan ini nantinya akan membantu Anda menjadi lebih terampil dalam mengelola keuangan ketika Anda bisa mendapatkan uang sendiri, sekaligus melatih sifat hemat Anda agar tidak membuang-buang uang untuk hal-hal yang tidak begitu penting.

2. Kesempatan untuk Memahami Diri Sendiri

Ini saat yang tepat untuk memahami diri sendiri. Jika Anda terbiasa pergi ke mana-mana bersama orang tua, tinggal sendiri di kos akan memberi tahu Anda apa yang Anda suka dan tidak suka. Mungkin Anda bisa menemukan beberapa kebiasaan saat naik pesawat. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa Anda lebih suka makanan asin daripada makanan manis, jadi Anda akan membeli lebih banyak camilan asin. Mungkin Anda juga bisa menemukan hobi baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

3. Menjadi Lebih Mandiri dan Membangun Tanggung Jawab

Poin inilah yang menjadi tujuan utama untuk memutuskan hidup terpisah dari keluarga. Tinggal sendiri di kamar kost memungkinkan Anda untuk mengurus semua kebutuhan Anda sendiri, Anda tidak bisa mengandalkan orang lain.

Selain itu, hal ini secara tidak langsung juga melatih tanggung jawab atas kebebasan yang Anda miliki. Anda dapat mengatur waktu dengan baik, mengatur, melakukan tugas, berlibur, dan banyak lagi. Anda tidak hanya menjaga kepercayaan orang tua Anda, tetapi Anda juga tidak boleh mengecewakan diri sendiri.

4. Berlatih Keterampilan Sosial

Manusia adalah makhluk sosial, yang berarti mereka tidak dapat hidup tanpa orang lain. Meski berada di kamar kost sendirian, bukan berarti kamu melakukan semuanya sendirian. Anda juga harus membiasakan dan bersosialisasi dengan teman kost Anda, atau bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar kost. Misalnya dengan keluarga ibu rumah tangga, tetangga, atau bahkan pemilik toko. Kebiasaan sepele seperti menyapa bisa melatih sosialisasi.

5. Tingkatkan Kreativitas

Menjadi anak kos juga bisa meningkatkan kreativitas. Itu juga dapat melatih banyak keterampilan lain dalam situasi kritis yang dapat memunculkan kreativitas setiap saat. Misalnya, Anda dapat belajar memasang kompor gas atau bahkan memarkir sepeda motor Anda menggunakan standar menengah. Bentuk kreativitas lainnya adalah ketika mencari makanan pasti bosan dengan makanan yang sama sehingga akan mencari makanan lain, atau mungkin bisa memasak sendiri.

6. Punya Lebih Banyak Waktu Sendiri

Bagi Anda yang memiliki keluarga dengan banyak anggota dan tidak memiliki cukup waktu sendiri, waktu boarding akan menjadi waktu yang menyenangkan. Di kamar kos, Anda akan membuat aturan untuk diri sendiri. Apa yang harus dilakukan, apa yang tidak boleh dilakukan, kapan harus mandi, dan kapan harus tidur di malam hari. Tidak ada untuk memesan atau mengatur.

Baca Juga : 6 Hal Yang Harus Kamu Pahami Setelah Keluar Dari Toxic Relationship

Leave a Reply

Your email address will not be published.