5 Makanan Tinggi Tyramine yang Wajib Diwaspadai, Keju Salah Satunya!

Compulsivemagz -Salah satu pemicu peningkatan kadar tyramine dalam tubuh adalah mengkonsumsi makanan yang tinggi sumber tyramine. Kalau dikonsumsi secara berlebihan, jenis makanan ini bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti sakit kepala dan tekanan darah tinggi.

Tiramin merupakan efek samping dari pemecahan asam amino tirosin yang sudah ditemukan di sumber makanan nabati dan hewani. Memang, tubuh mempunyai katalis pengoksidasi monoamina yang berperan dalam hancurkan tiramin. Tinggi rendahnya kadar tiramin dalam makanan dapat bervariasi, tergantung pada pengolahan dan penyimpanannya. Semakin lama makanan itu disimpan, semakin tinggi kandungan tiraminnya.

Berkaca pada dokter, berikut beberapa jenis makanan tyramine tinggi yang harus diwaspadai.

1. Keju

Pada dasarnya, jenis keju tertentu yang disimpan dalam waktu lama, seperti cheddar, parmesan, dan mozzarella, mempunyai kandungan tiramin yang tinggi. Sebab itu, kalau mau konsumsi keju, pilihlah keju yang mengandung lebih sedikit tiramin, seperti keju krim, keju ricotta, atau keju cottage.

2. Daging Olahan

Seperti halnya keju, daging olahan termasuk dalam jenis makanan yang tinggi kandungan tyramine. Daging olahan yang dimaksud antara lain sosis, bacon, dan pepperoni. Bukan hanya daging, beberapa macam jenis olahan ikan seperti ikan asap dan bakso ikan juga mempunyai kadar tiramin yang tinggi.

3. Sayuran Fermentasi

Senyawa tiramin yang tinggi juga bisa ditemukan pada sumber makanan yang difermentasi, seperti sayuran yang difermentasi. Berbagai macam penelitian menunjukkan bahwa sayuran fermentasi mempunyai kadar tiramin yang lebih tinggi dari pada sayuran segar. Contoh sayuran hasil fermentasi ialah acar mentimun dan kimchi.

4. Buah Jeruk

Beberapa buah jeruk, seperti jeruk, jeruk bali, limau, dan lemon, diketahui mengandung tyramine tingkat tinggi. Oleh sebab itu, walau mengandung banyak nutrisi, buah-buahan ini juga perlu dibatasi konsumsinya. Bukan hanya itu, konsumsi buah yang terlalu matang, misalnya seperti pisang dan alpukat, juga dipercaya bisa tingkatkan kadar tyramine dalam tubuh.

5. Makanan Mengandung Ragi

Makanan terakhir yang tinggi tyramine ialah yang mengandung ragi. Ragi adalah bahan pengikat yang biasa digunakan untuk kelolah makanan. Tetapi, makanan beragi bisa tingkatkan kadar tiramin dalam tubuh. Beberapa contoh makanan yang sudah mengandung ragi contohnya seperti roti, kecap, saus teriyaki, dan kecap ikan.

Berikut lima makanan tinggi tyramine yang harus diwaspadai. Saya harap ini membantu!

Baca Juga : 4 TIPS MENJADI SUAMI ISTRI YANG HARMONIS DAN BAHAGIA, INI KUNCINYA!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *