4 Penilaian Salah Tentang Introvert, Tidak Malu, dan Antisosial

Compulsivemagz – Ada beberapa tipe kepribadian, antara lain introvert, ekstrovert, dan ambivert. Menurut KBBI, introvert adalah mereka yang suka menyimpan perasaan dan pikirannya sendiri dan enggan mengungkapkannya kepada orang lain. Orang sering menyebut kepribadian sebagai pemalu, tidak ramah, dan antisosial. Padahal, semua itu tidak sepenuhnya benar.

Introvert adalah tipe kepribadian yang menyukai kedamaian, kesendirian, dan cenderung merasa lelah jika menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berinteraksi secara sosial dengan orang lain. Namun jenis ini juga tetap membutuhkan interaksi sosial, dalam batas-batas tertentu sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Berikut adalah 4 penilaian dan pandangan yang salah tentang introvert. Anda harus tahu!

1. Sama dengan antisosial

Banyak orang ketika mendengar kata introvert, langsung membayangkan perilaku antisosial. Padahal, penilaian ini salah karena seorang tidak sama dengan antisosial. Introvert suka menyendiri untuk memulihkan energi yang mereka gunakan setelah berinteraksi dengan orang lain.

Introvert tetap lakukan aktivitas sosial seperti berinteraksi, membutuhkan bantuan, dan lain-lain. Namun, tipe kepribadian ini lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas. Jadi mereka lebih suka sedikit teman tapi berkualitas.

2. Tidak mudah bergaul

Introvert cenderung kesulitan memulai percakapan, terutama dengan orang asing yang baru mereka temui. Banyak hal yang menyebabkan mereka berperilaku demikian, bisa jadi karena trauma diabaikan, merasa malu, dan sebagainya.

Namun, ketika mereka merasa nyaman dengan orang atau lingkungan tertentu, Kepribadian seperti ini juga bisa bertindak seperti ekstrovert. Mereka juga bisa bercanda, tertawa, mencurahkan isi hatinya, dan berperilaku terbuka. Jadi, penilaian Anda selama ini bisa saja salah dan tidak sepenuhnya benar.

3. Dianggap sombong

Orang dengan kepribadian ini dikenal pendiam dan tertutup, kebanyakan dari mereka sering terlihat sombong. Padahal, penilaiannya tidak begitu atau salah. Ingatlah bahwa introvert dan ekstrovert memiliki cara yang berbeda untuk memberi energi kembali, bahkan untuk semua orang dengan kepribadian apa pun.

Keperibadian ini butuhkan waktu sendiri untuk memulihkan mood dan energinya sesudah berinteraksi dengan orang lain, sedangkan ekstrovert justru merasa berenergi kembali saat berinteraksi. Ini adalah perbedaan mendasar. Jadi, jangan anggap itu sombong ketika pulang lebih awal untuk kumpul-kumpul atau semacamnya, karena mereka sangat merasa perlu recharge dengan menyendiri.

4. Tidak bisa menjadi pemimpin

Penilaian salah selanjutnya, yaitu terkait dengan kemampuan memimpin. Banyak orang meragukan kemampuan seorang seperti ini untuk memimpin. Orang dengan kepribadian dianggap tidak mampu memimpin sebuah organisasi atau perusahaan. Tentu saja, pemikiran ini tidak dapat dibenarkan. Setiap orang, apa pun tipe kepribadiannya, berhak memimpin sesuatu selama memenuhi persyaratan dan memiliki kualitas kepemimpinan.

Dibalik sikapnya yang dingin serta cuek, sebenarnya orang dengan kepribadian seperti ini adalah pendengar yang baik. Mereka secara terbuka akan mempertimbangkan saran, kritik, dan keluhan dari orang lain. Di balik kebisuan mereka, introvert juga pemikir kritis. Sosok terkenal yang mampu menjadi seorang pemimpin dan memiliki kepribadian, misalnya, adalah Bill Gates.

Itulah 4 miskonsepsi atau miskonsepsi tentang ini. Jika kamu memiliki kepribadian, tidak perlu merasa malu atau minder, karena menjadi introvert tidak ada salahnya. Nikmati hidupmu dan berbahagialah!

Baca Juga : Ini Penyebab Kenapa Anda Bisa Mengantuk di Kantor !

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *